Upaya Humanis Kapolda Kaltim Di Desa Kawasan IKN

Dua desa yang masuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi perhatian Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto. Pihaknya terus melakukan upaya humanis ketika nantinya warga di dua wilayah yakni Kelurahan Pemaluan dan Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU) direlokasi.

“Tapi kalau nanti desa itu terdampak pembangunan IKN yang mengharuskan direlokasi, kemudian mereka tidak bersedia maka kami coba bersama-sama bertemu ya bagaimana mengimbau agar tidak menghambat keberlanjutan pembangunan IKN,” jelas Imam

Dia menuturkan bahwa pemerintah pusat merencanakan desain besar terhadap desa yang masuk dalam KIPP untuk dijadikan desa modern.

“Ada desain besar saat Presiden kunjungan ke IKN, akan mengunjungi desa yang memang akan dipelihara kearifan lokal, namun akan dilakukan pembenahan keutuhan kearifan lokal tetap dijaga tapi desa itu akan semacam diupgrade. Namun tidak meninggalkan nilai kearifan lokal tapi waktu itu kemudian Presiden menunda kedatanganya ke sana ,” tuturnya.

Diharapkan dua desa tersebut akan ada kebijakan dari tingkat pusat untuk dijadikan desa modern. “Mudahan dua desa itu yang tidak mau direlokasi kemudian ada kebijakan dari tingkat pusat untuk dijadikan satu desa modern, kalau memang memungkinkan itu akan dijadikan pilot projek,” paparnya.

About admin1 admin1

Check Also

Kunjungi Wilkum Polres Kukar, Bidpropam Polda Kaltim Gelar Pengecekan Kelengkapan Identitas Diri Personel

Tribratanews.kaltim.polri.go.id KUKAR — Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Kaltim melakukan pengecekan kelengkapan identitas diri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *