Upaya Kapolda Kaltim Deteksi Dini Karhutla

BALIKPAPAN-Presiden RI Joko Widodo memberikan arahan saat rapat pimpinan (Rapim) TNI dan Polri di The Sultan Hotel, Jakarta, Rabu (8/2). Di antaranya mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Presiden didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut potensi karhutla di sejumlah provinsi pada Februari-Maret 2023 panas akan naik. Peningkatan diduga akibat kenaikan suhu yang disebabkan fenomena el nino.

Seluruh kapolda dan pangdam hadir dalam Rapim, termasuk Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto.

Informasi dihimpun, penanggulangan karhutla telah dilakukan sejak dini. Di antaranya pada Juli 2022, kapolda melaunching Aplikasi ASAP Digital. Kala itu, Imam menjelaskan, aplikasi digital ini menindak lanjuti kebijakan dan arahan kapolri dalam langkah dan upaya nyata dalam pencegahan dan antisipasi karhutla di Kaltim.

“Aplikasi ini, diyakini akan semakin menyempurnakan langkah dan upaya Polda Kaltim dalam mencegah atau mendeteksi. Jajaran juga rutin latihan simulasi karhutla,” jelas kapolda.

Selain itu, kapolda menginstruksikan seluruh jajaran hingga tingkat polsek, agar melakukan imbauan dan deteksi dini pada masyarakat, untuk tidak membakar saat membuka lahan pertanian dan perkebunan.

“Ketika menerima informasi ada asap atau bakar lahan, akan terdeteksi di aplikasi, petugas terdekat langsung menuju lokasi mengecek,” paparnya.

Sementara, Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo menambahkan, aplikasi tersebut memiki keunggulan monitoring real time CCTV 360 derajat. “Kemampuan jelajah 8 KM yang menampilkan kualitas suhu, kelembaban udara dan data titik api update berkala 5 menit,” jawabnya.

About admin1 admin1

Check Also

Kunjungi Wilkum Polres Kukar, Bidpropam Polda Kaltim Gelar Pengecekan Kelengkapan Identitas Diri Personel

Tribratanews.kaltim.polri.go.id KUKAR — Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Kaltim melakukan pengecekan kelengkapan identitas diri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *