Polres Kutai Barat dan Bhayangkari Sosialisasi Cegah Stunting Dengan Pemeriksaan Ibu Hamil dan Batita

Kutai Barat-Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan Posyandu Presisi dengan sosialisasi dan pencegahan Stunting (gangguan tumbuh kembang anak) dengan melakukan pemeriksaan kepada ibu hamil dan batita pada keluarga PNPP Polres Kutai Barat dan anggota Bhayangkari Cabang Kutai Barat dan masyarakat.

Kegiatan ini terus dilakukan berbagai pihak. khususnya Bhayangkari Cabang Kutai Barat pun turut aktif mensosialisasikan program ini. Pemerintah pusat guna mewujudkan tahun 2024 bebas dari Stunting pada anak.

Upaya pencegahan stunting melalui sosialisasi melalui pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan batita yang ada di Kabupaten Kutai Barat, Kamis (16/3/2023).

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman, S.I.K, M.H di dampingi Ketua Bhayangkari Cabang Kutai Barat Ny.Intan Heri, Waka Polres Kutai Barat Kompol I Gde Dharma Suara, SH, Ny. Arin Dharma, Kabagops Kompol Jumali, SH, para Kasat, Kasi dan pengurus Bhayangkari Cabang Kutai Barat dan masyarakat khususnya ibu hamil yang hadir di kegiatan tersebut. Stunting mulai terjadi ketika janin masih dalam kandungan disebabkan oleh asupan makanan ibu selama masa kehamilan yang kurang bergizi.

Akibat gizi yang didapat anak dalam kandungan tidak mencukupi. Kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan bayi dan bisa terus berlanjut setelah kelahiran. Inilah yang harus bersama-sama kita cegah. Mulai dari Pemerintah, TNI, Polri sampai tingkat kampung-kampung turun mensosialisasikannya.

“Kepada para ibu hamil agar menghindari makanan instan atau mengandung banyak monosodium glutamate (MSG), mulailah sejak dini konsumsi makanan bergizi. Karena Stunting pada anak dapat disebabkan oleh bermacam-macam faktor, mulai dari faktor genetik, kurangnya asupan nutrisi saat di dalam kandungan dan setelah lahir, infeksi berulang, hingga tingkat pengetahuan orang tua yang rendah mengenai tumbuh kembang normal anak, ucap Kasi Humas.

“Di beberapa kali kesempatan, kedepan Polres Kutai Barat akan terus sosialisasi pencegahan stunting pada bumil secara masif. Kegiatan Bhayangkari juga pemberian bantuan kepada ibu hamil dan batita, Semoga dimulai dari wilayah kita program ini dapat segera tercapai,” tutup nya.

Humas Polres Kutai Barat

About admin1 admin1

Check Also

Kunjungi Wilkum Polres Kukar, Bidpropam Polda Kaltim Gelar Pengecekan Kelengkapan Identitas Diri Personel

Tribratanews.kaltim.polri.go.id KUKAR — Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Kaltim melakukan pengecekan kelengkapan identitas diri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *