Antisipasi Karhutla, Polres Kubar Ingatkan Prioritaskan Pencegahan Dini

Kab. Kutai Barat – Awal musim kemarau 2023 diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi pada bulan April. Salah satu bencana yang memiliki indeks resiko tertinggi adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Menjelang musim kemarau seperti sekarang, kita harus mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang bisa saja terjadi,” kata Kabag Ops Kubar KOMPOL Jumali, S.H.

Diketahui, pada tahun 2022 kemarin, karhutla di Kab. Kutai Barat terjadi sebanyak 337 kasus. Dengan luas lahan terbakar mencapai 160,94 hektare.

Kapolres Kubar Heri Rusyaman, S.I.K., M.H., melalui Kabag Ops Kubar KOMPOL Jumali, S.H., menuturkan, tidak lama lagi wilayah Kab. Kutai Barat akan memasuki peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Beliau mengajak masyarakat Kubar untuk bersama-sama dalam mencegah karhutla.

“Mari kita bersama-sama untuk bersatu dalam mencegah dan melawan karhutla,” kata Kabag Ops Polres Kubar

Ia mengatakan, semua pihak harus bersiaga, menjaga dan mengamankan kawasan hutan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayahnya masing masing

“Guna mengantisipasi datangnya musim kemarau tersebut perlu adanya persiapan baik sarana prasarana dan sumber daya manusia yang memadai ppl”ungkap Kabag Ops Polres Kubar.

Peran strategis dan sinergitas antar pihak terkait mulai TNI-Polri, BPBD, KPHP, relawan, MPA maupun masyarakat lainnya harus turut berperan aktif dalam upaya pengendalian, pencegahan dan penananggulangan karhutla diwilayah Kab. Kutai Barat.

“penanganan karhutla menjadi tanggungjawab bersama, tentunya dengan sinergitas seluruh stakeHolder maka setiap hambatan, kendala dalam pencegahan, penanganan dan penanggulangan Karhutla di wilayah Kab Kubar dapat diatasi dengan cepat, tepat dan tuntas .” pungkasnya.

“Polres Kubar melalui Polsek jajaran senantiasa memberikan penyuluhan kepada masyarakan untuk tidak melakukan membakar lahan untuk bercocok tanam serta melakukan deteksi dini di lapangan, berkoordinasi dengan instansi samping terutama saat memantau area-area titik rawan panas, menjelang kemarau Tahun 2023” jelasnya.

HUMAS POLRES KUBAR

About admin1 admin1

Check Also

Polisi Jelaskan Kronologi Gadis Penjual Gorengan Diperkosa dan Dibunuh

Padang Pariaman. Polisi menjelaskan bahwa tersangka IS (26) melakukan pemerkosaan kepada NKS (18) secara spontan. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *