Polres Kutai Barat Gelar Apel Kasatkamling

Kutai Barat – Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur menggelar Apel Kasatkamling secara serentak untuk tingkatkan Harkamtibmas pada lingkungan masing-masing Kampung menuju kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77 di halaman Mapolres Kutai Barat, Rabu (21/6/2023) pagi.

Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Kutai Barat AKBP Heri Rusyaman, S.I.K, M.H dan diikuti oleh seluruh jajaran PJU Polres Kutai Barat serta undangan dari Muspida Kabupaten Kutai Barat, dan peserta apel Satkamling.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan Amanah Kapolri ” sebelum nya marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kesehatan, serta kekuatan untuk melaksanakan “Apel Ketua Satkamling Tahun 2023”.

Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Korbinmas Baharkam Polri serta seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Apel Kasatkamling ini.

Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu) upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak Satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa. Hadirin dan peserta apel yang saya hormati,

Situasi kamtibmas yang kondusif merupakan salah satu prasyarat utama dalam terselenggaranya
pembangunan nasional dan mewujudkan cita-cita 2 luhur bangsa Indonesia. Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan kolaborasi dan partisipasi aktif masyarakat. Untuk itu, Polri terus mengembangkan potensi masyarakat melalui pengamanan swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan. Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Salah satu bentuk pengamanan swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling. Kehadiran Satkamling sebagai salah satu bentuk pengamanan swakarsa juga telah diatur dalam pasal 3 ayat (1) huruf C UU No. 2 Tahun 2002 tentang Polri yang menjelaskan bahwa dalam penyelenggaraan tugas, Polri dibantu oleh kepolisian khusus, PPNS, dan bentuk-bentuk pengamanan swakarsa. Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa bahwa pelatihan Satkamling ini merupakan momentum penting sebagai dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat untuk mencipatkan harkamtibmas menjelang pemilu serentak di tahun 2024 mendatang.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, Kehadirannya diharapbkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Hal ini tentunya menjadi nilai penting kehadiran Satkamling itu sendiri, karena anggota Satkamling baik ketua maupun pelaksananya adalah masyarakat setempat dimana mereka berdomisili. Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama

“Program ini juga bertujuan untuk merevitalisasi Satkamling dari kondisi pasif menuju aktif sehingga semua elemen masyarakat mampu berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban,”jelas Kapolres Kubar

Kapolres berharap dengan adanya Apel Besar Satkamling akan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam ikut serta berpartisipasi di bidang keamanan. Selain itu, dapat menumbuhkan sikap mental, kepekaan dan data tangkal masyarakat dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman, damai dan kondusif.

Usai Apel Besar Satkamling, dilaksanakan juga penilaian Satkamling dan sekaligus pemberian Piala. Dan Penilaian dilakukan oleh tim dari Sat Binmas Polres Kutai Barat.

Humas Polres Kubar

About admin1 admin1

Check Also

Sat Gas Preventif Polres Kutai Barat Lakukan Patroli Rutin ke Kantor KPUD Dan Bawaslu

Kutai Barat – Satgas Preventif Sat Samapta Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur. Dalam rangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *