Polres Kubar Melaksanakan Giat Sosialisasi Bahaya Karhutla Bersama Unsur Terkait

Kutai Barat – Polres Kutai Barat Polda Kaltim. Kabag Ops Polres Kubar Kompol Jumali, SH. menghadiri sekaligus sebagai nara sumber. Kegiatan sosialisasi di gelar di Ballroom Hotel Sidodadi Kec. Barong Tongkok Kab. Kutai Barat . Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Tema “Semangat Bersemangat Menempatkan Pencegahan Sebagai Hal Yang Utama”, Selasa (9 /5/2023)

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat terus berupaya maksimal mencegah dan mengendalikan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Saat ini yang paling penting gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat apalagi untuk menghadapi perkiraan anomali cuaca ekstrim yang akan terjadi Mei hingga September mendatang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Aris Pudji Hadi S.Hut., M.Ids. (Kepala UPTD KPHL Batu Rook Kab. Kutai Barat ), Kompol Jumali SH (Kabagops Polres Kutai Barat , Lettu Lilik (Danramil Melak), Seldas Limbong, S.Sos, M.Si (BPBD Kutai Barat ), Zulkarnain, S.ST., M.P (Kepala Seksi Wilayah III Balai PPI Wilayah Kalimantan) dan peserta Sosialisasi sekitar 35 orang

Dalam arahan Kepala UPTD KPHL Batu Rook menuturkan,” beberapa bulan ini wilayah Indonesia akan mengalami perubahan iklim musim kemarau akan tiba lebih awal dan puncaknya di bulan Agustus. Kita harus siap dalam pelaksanaan penanganan karhutlah yang terjadi diwilayah Kab. Kutai barat, selalu berkoordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan penanganan karhutlah. Hotspot merupakan deteksi dini karhutla untuk mengetahui posisi titik koordinat lokasi yang terbakar. Harus sering di laksanakan rapat koordinasi dalam penanganan karhutlah dan pembukaan lahan yang di lakukan masyarakat,” ucapnya.

Sementara Kabag Ops Polres Kutai Barat Kompol Jumali SH, menyampaikan,” Ucapan terima kasih telah memberikan waktu dan kesempatan untuk memaparkan Data penanganan Karhutla Polres Kutai Barat . Polres Kutai Barat sudah berupaya untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di kampung kampung untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara di bakar, kami harapkan para Camat mensosialisasikan kembali kepada masyarakat di kecamatannya masing-masing kalaupun dengan cara dibakar untuk menghindari terdeteksi oleh satelit titik Hotspot dan harus melihat waktu bisa sore hari dan sedikit demi sedikit serta dibuatkan sekat dan dijaga agar tidak merembet di sekitarnya. Kapolres Kutai Barat sudah membuat surat kepada Bupati Kutai Barat untuk mengusulkan setiap kecamatan yang ada di Kutai Barat di buatkan Posko Penanggulangan Karhutla, diharapkan ke depannya Posko tersebut bisa dibuat sehingga memudahkan untuk Koordinasi dan penanganan karhutla di wilayah Kab. Kutai Barat. Polres Kutai Barat dalam waktu dekat akan mengundang Stackeholder terkait untuk melakukan rapat Koordinasi membahas penanggulangan dan Pencegahan Karhutla Kab Kutai Barat Tahun 2023. Senantiasa meningkatkan Sinergitas TNI-Polri BPBD, Manggala Agni dan dinas terkait dalam penanggulangan dan pencegahan Karhutla di Kab Kubar, ” ucap Kabag Ops.

Terkait pengendalian dan penanggulangan karhutla di Kabupaten Kutai Barat tersebut, terus berupaya melakukan evaluasi sehingga ke depannya bencana karhutla dapat di antisipasi dan di minimalisir.

Humas Polres Kubar

About admin1 admin1

Check Also

Sat Gas Preventif Polres Kutai Barat Lakukan Patroli Rutin ke Kantor KPUD Dan Bawaslu

Kutai Barat – Satgas Preventif Sat Samapta Polres Kutai Barat Polda Kalimantan Timur. Dalam rangka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *